Jumat, 20 Desember 2019

Melalui STEP, Sukanto Tanoto dan Tanoto Foundation Bantu Guru Binaan Kembangkan Pola Pembelajaran Aktif

0 comments

Melalui STEP, Sukanto Tanoto dan Tanoto Foundation Bantu Guru Binaan Kembangkan Pola Pembelajaran Aktif
Sumber: tanotofoundation.org

Pola pembelajaran aktif menjadi cara baru yang terus dikembangkan dan diterapkan di sekolah-sekolah di Indonesia. Pola pembelajaran seperti ini dinilai lebih relevan dengan kebutuhan zaman sekaligus lebih menyenangkan baik bagi siswa maupun guru. Hal ini disambut positif oleh Sukanto Tanoto dan organisasi filantropi yang ia dirikan, Tanoto Foundation. Demi membantu mengembangkan dan menyebarkan pola pembelajaran tersebut, Tanoto Foundation aktif mengadakan program pelatihan untuk guru-guru binaan.

Sejak tahun 2010, Tanoto Foundation memang sudah aktif memberi pelatihan kepada para guru melalui program Pelita Pendidikan Tanoto Foundation. Program ini pun terbilang sukses dan berhasil mendorong para guru binaan untuk menerapkan pola pembelajaran aktif di sekolah-sekolah tempat mereka bertugas. Sebagai lanjutan dari program tersebut, Tanoto Foundation kembali menyelenggarakan program serupa. Melalui program bertajuk STEP, organisasi filantropi bentukan Sukanto Tanoto ini pun mendorong pola pembelajaran aktif ke tingkat yang lebih tinggi.

Membina Guru Melalui Program STEP


Program STEP (School Transition and Empowerment Project) merupakan program hasil kerja sama antara Tanoto Foundation dan salah satu unit bisnis Royal Golden Eagle, Asian Agri. STEP sendiri merupakan program lanjutan dari Pelita Pendidikan Tanoto Foundation yang sudah dimulai sejak tahun 2010 lalu. Fokus dari program pelatihan ini juga masih sama, yakni membantu para guru dalam menerapkan pola pembelajaran aktif.

Banyak perwakilan guru dari beberapa sekolah dasar di Provinsi Jambi yang mengikuti pelatihan STEP. Dalam program tersebut, para guru mendapat pelatihan modul II dari Tanoto Foundation. Pelatihan yang diselenggarakan pada bulan Oktober 2019 yang lalu ini pun mendapat apresiasi dan respon positif dari peserta pelatihan.

Ada beberapa materi hasil pengembangan Tanoto Foundation yang dibagikan kepada guru binaan. Pola pembelajaran yang dilakukan dengan kegiatan pengamatan dan pengukuran langsung juga membuat kegiatan pelatihan menjadi lebih menyenangkan dan jauh dari kata membosankan.

Selain itu, organisasi filantropi bentukan Sukanto Tanoto tersebut juga membagikan materi peningkatan minat baca siswa lewat permainan. Metode yang dibagikan terasa jauh lebih menyenangkan dengan mengajak para siswa mencari kosa kata lewat jendela kata. Dengan metode seperti ini, diharapkan minat baca siswa bisa tumbuh bahkan mendorong mereka untuk mencari media lain sebagai bahan bacaan.

Dalam kelompok mata pelajaran IPS, Tanoto Foundation mengemas mata pelajaran kewirausahaan dengan cara yang lebih praktis melalui praktek menjadi seorang pengusaha. Para peserta pelatihan diajak untuk membuat perencanaan tentang bagaimana cara membangun bisnis mulai dari memilih bahan yang berkualitas hingga memasarkannya. Dengan cara ini, gambaran tentang kegiatan membangun bisnis menjadi jauh lebih jelas.

Menggandeng Teknologi untuk Sebarkan Modul Pelatihan


Program pelatihan yang dilaksanakan oleh Tanoto Foundation tidak hanya terbatas pada tatap muka secara langsung. Demi memperluas jangkauan dan memudahkan guru binaan mengakses modul pelatihan, organisasi bentukan Sukanto Tanoto tersebut juga menggandeng platform bimbingan belajar online Ruangguru.

Platform bimbel online Ruangguru menjadi media yang dipilih Tanoto Foundation karena fitur-fitur yang ditawarkannya. Melalui fitur Ruangbelajar, guru binaan Tanoto Foundation bisa mengakses modul pelatihan lewat smartphone. Fleksibiltas seperti ini membantu para guru binaan untuk menentukan waktu belajarnya sendiri.

Sejak resmi didirikan pada tahun 2001 silam, Tanoto Foundation telah banyak memberi sumbangan bagi dunia pendidikan, khususnya di sekitar area operasi perusahaan yang didirikan Sukanto Tanoto. Selain membantu meningkatkan pendidikan Indonesia melalui program pelatihan guru, Tanoto Foundation juga rutin menyelenggarakan program pelatihan kepemimpinan lewat program TELADAN (Transformasi Edukasi untuk Melahirkan Pemimpin Masa Depan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar